Hijriah: Loading...

Masehi: Loading...

Banda Aceh, Aceh, Indonesia 23111

Marfologi Nabatiyah Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Kajian Pemikiran Ibnu Sina).

Authors

  • Mizan Maulana Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22373/jm.v14i3.24038

Keywords:

Marfologi, Tumbuhan, Ibnu Sina.

Abstract

Tumbuh-tumbuhan bagian penting dari kehidupan manusia. Tumbuhan mendapatkan perhatian cukup besar dalam Islam bahkan dari tumbuhan lah lahirnya banyak hukum fiqih dan lainnya. Marfologi tumbuhan dalam Al-Qur’an jadi bukti kuat mengapa harus memusatkan perhatian terhadap kajian ini. Penelitian ini bersifat library research dengan sumber rujukan Al-Qur’an, Hadits Nabi, pendapat ulama, hasil kajian dan penelitian relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Dalam Al-Qur’an terdapat marfologi umum tumbuh-tumbuhan sebanyak 115 kali dari berbagai surat. Marfologi tumbuhan dan menyandingkan dengan pemikiran Ibnu Sina menemukan pembahasan mengenai jiwa tumbuhan, Jiwa tumbuh-tumbuhan (an-Nafsul Nabatiyah), yakni mempunyai tiga daya yakni; (1) makan (Daya nutrition), yang mengubah makanan menjadi bentuk tubuh, dimana daya tersebut ada didalamnya; (2) tumbuh (growth), yang menambah kesesuaian pada seluruh bagian tubuh yang diubah karena makanan, baik dari segi panjang, lebar maupun volume; (3) berkembang biak (reproduction) yang mengambil dari tubuh suatu bagian yang secara potensi sama, sehingga terjadi proses penciptaan dan penyampuran yang membuatnya sama secara nyata.

Author Biography

  • Mizan Maulana, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
    -

References

Fitra Ramdani Ointu. 2021. TAFSIR TARBAWI: Morfologi Tumbuhan Dalam Perspektif Al-Quran, Tesis. Lihat: https://ejournal.unib.ac.id/ .

Fitriana Hoyrunnisa, Penciptaan Tumbuhan dalam Kajian Tafsir Ilmi, Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Hayatul Husni. 2017. Morfologi Tumbuhan Menurut Perspektif Al-Qur’an, Jakarta. PIIA.

M Suswandari. 2021. Peran Guru Menstimulus Respon Siswa Melalui Teori Belajar Behavioristik Teacher’S Role Stimulates Students’ Response Through Behavioristic Learning Theory. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development Avaliable, Vol. 1, No. 1.

Mohd. 2022. Najmi Adlani Siregar, Tumbuhan Dalam Perspektif Ibnu Sina, AL-ULUM: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, N0. 1; 46-55.

Mohd. Najmi Adlani Siregar, Tumbuhan Dalam Perspektif Ibnu Sina, AL-ULUM JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, Vol. 3, No. 1; 46-55.

Muhammad Mutawali. 2021. Tafsir Ijmali Sebagai Metode Tafsir Rasulullah, Jurnal Pemikiran dan Hukum Islam, Vol. 7. No. 1; 5-7.

Sahihal-Bukhariy, Kitab al-Tibb, bab Habbatus al-Sawda’, Hadith Nomor; 5363.

Saipolbarin Ramli dan Ahmad Fikri Husin. 2015. Kajiansejarah Terhadap Tumbuh-Tumbuhan Dalam Al-Qur’an Al-Karim: Satu Tinjauan (Historical Study of Plants in Holy Al-Quran: AReview), Jurnal al-Tamaddun, Vol. 10, No. 2; 17-34.

Syaiful Rizal. 2020. Manfaat Alam Dan Tumbuhan “Sumber Belajar Anak” Dalam Perspektif Islam, CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1, No. 2; 96-107.

Tiam, Sunardji Dahri. 2014. Historiografi Filsafat Islam: Corak, Periodesasi dan Aktualitas. Malang Jatim: Intras Publishing.

Ulfah, Dkk. 2022. Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No. 1.

Published

2024-07-15

Issue

Section

Artikel