PEMBERDAYAAN INTERNAL PROGRAM PASCASARJANA IAIN AR-RANIRY

Main Article Content

Sri Suyanta

Abstract

Terdapat korelasi sinergis antara institusi dan kualitas pendidikannya. Pascasajana IAIN A-Raniry sebagai salah satu penyelenggara pendidikan tinggi di Indonesia memiliki kekhasan dengan institusi pendidikan lain. Sebagai institusi keilmuan, dituntut untuk dapat memenuhi tugas-tugas pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Di samping itu, sebagai institusi keislaman sekaligus yang membedakannya dengan institusi lainnya, yaitu pengembangan ilmu pengetahuan agama Islam secara lebih intensif.

Article Details

Section

Artikel

References

Abdullah, M.Amin, Studi Agama: Normativitas dan Historisitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1999.

Agustian, Ary Ginajar, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ Emotional Spiritual Quotient, Cet. Ke-20, Penerbit Agra, Jakarta, 2005

Azra, Azyumardi, Surau:Pendidikan Islam Tradisional Dalam Transisi dan Modernisasi, Logos Wacana Ilmu, Jakarta, 2003.

Makdisi, Geoge, The Rise of Colleges: Institutions of Learning in Islam and the West, Edinburgh University Press, 1981.

Rahman, Fazlur, Islam, Terj. Ahsin Mohammad, Pustaka, Bandung,1984.

---------, Islam dan Modernitas: Tentang Transformasi Intelektual, (Terj. Ahsin Mohammad) Pustaka, Bandung, 1995.

Shihab, Quraish, Membumikan Al-Qur'an: Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, Mizan, 1992.

Stanton, Charles Michael, Pendidikan Tinggi Dalam Islam, (Terjemahan Afandi dan Hasan Assari), Logos, Jakarta, 1994.

Tim Penulis, 40 Tahun IAIN Ar-Raniry (1963-2003), Ar-Raniry Press, Banda Aceh, 2003