Hijriah: Loading...

Masehi: Loading...

Banda Aceh, Aceh, Indonesia 23111

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di Madrasah Tsanawiyah Kota Binjai

Authors

  • Siti Khairani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yusnaili Budiyanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sapri Sapri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.22373/jm.v14i1.23773

Keywords:

Internalisasi, Pendidikan Islam, Pendidikan Jasmani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJOK) di Madrasah Tsanawiyah Kota Binjai. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PJOK di madrasah tersebut tidak hanya bertumpu pada aspek fisik, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam setiap aktivitasnya. Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam terjadi melalui pendekatan pedagogi yang holistik, penerapan adab dan akhlak Islam dalam interaksi siswa-guru, serta pembiasaan dalam menjalankan aktivitas fisik dengan kesadaran spiritual. Faktor lingkungan madrasah, peran guru, dan kurikulum yang terintegrasi menjadi penopang utama dalam proses ini. Kesimpulannya, internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam pada mata pelajaran PJOK di Madrasah Tsanawiyah Kota Binjai melibatkan pengalaman belajar yang holistik, memperkuat identitas Islami siswa, dan memberikan landasan bagi pengembangan pribadi yang seimbang secara fisik, mental, dan spiritual.

Author Biographies

  • Siti Khairani, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
    Medan
  • Yusnaili Budiyanti, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
    Medan
  • Sapri Sapri, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
    Medan

References

Achmadi. (2004). Idiologi Pendidikan Islam Paradigma Humanisme Teosentris. Pustaka Pelajar.

Al-Abrasyi, M. A. (1975). Al-Tarbiyah Al- Islamiyah Wa Falasifatuha. Isa Al-Babi Al-Halabi.

Al-Bukhari, I. (1987). Shahih Al-Bukhari,Kitab Al-Janaiz, Bab Idza Aslam Al-Shabiyyu Fa Mata Hal Yushalli ‘Alaih, Jilid I. Dar Ibnu Katsi_Al-Yamamah.

Al-Jamali, M. F. (1993). Konsep Pendidikan al-Qur’an, Sebuah Kajian Filosofis (AlFalsafah al-Tarbiyah), pent: Judi al-Falasani. Ramadani.

Al-Jumbulati, A. (1994). Perbandingan Pendidikan Islam, terjemahan M Arifi. Rineka Cipta.

Ali, A. dan A. Z. M. (2009). Kamus Kontemporer ArabIndonesia. Multi Karya Grafika.

Amaliah, I. N. & dkk. (2018). Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an Dengan Metode Talaqqi (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Asih Putera Kota Cimahi). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4 (2).

Ananda, R., & Amiruddin. (2017). Inovasi Pendidikan: Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan. Widya Puspita.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pustaka Pelajar.

Arifin, M. (1991). Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Bumi Aksara.

Arifin, M. (2020). Filsafat Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Asari, H. (2008). Hadits-Hadits Pendidikan: Sebuah Penelusuran Akar-Akar Ilmu Pendidikan Islam. Citapustaka Media Perintis.

Ashhraf, S. S. H. A. (1986). Krisis Pendidikan Islam, Ter. Rahmani Astuti. Risalah.

Ashraf, A. (1993). Horison Baru Pendidikan Islam. Pustaka Firdaus.

Asqalani, A.-I. A.-H. A. B. A. A.-H. (1998). Fatur Bari Bi Syarhi Shahih Bukhari jilid I. Darul Hadits.

Azizy, Q. (2013). Pendidikan Untuk Membangun Etika Sosial (Mendidik Anak Sukses Masa Depan: Pandai dan Bermanfaat). Aneka Ilmu.

Azra, A. (2014). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Prenadamedia Group.

Bagir, H. (2019). Spiritual Wellness in the Context of Islamic Education: An Integrated Approach to Physical and Mental Health. Journal of Islamic Education, 6.

Basri, H. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Pustaka Setia.

Chaplin, J. P. (1993). kamus lengkap psikologi. Raja Gravindo Persada.

Daradjat, Z. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Daradjat, Z. (2012). Ilmu Pendidikan Islam (Cet. 10). Bumi Aksara.

Fatoni, M., & Amrullah, A. F. (2019). Penafsiran Kontekstual Ayat Ayat Tarbawi (Pendekatan Asbabun Nuzul). Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 7 (1).

Fitriyah, N. L. & N. U. (2019). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam pmbentukan karakter siswa SMP. Jurnal Pendidikan Islam, 3.

Giriwijoyo, Y. S. S. G. (1991). Olahraga dan Olahraga Kesehatan. FPOK/IKIP Press.

Hasiara, L. O. (2018). Penelitian Multi Kasus dan Multi Situs. CV IRDH.

Hawa, S. (1980). Fi Afaq At-Ta’lim. Maktabah Wahbah.

Husdarta, H. J. S. (2010). Sejarah dan Filsafat Olahraga. Alfabeta.

Ibn Majah, A.-H. A. A. M. B. Y. A.-Q. (n.d.). Sunan Ibn Majah Jilid I. Daar Ihya’ Al Kutub Arabiyah.

Indonesia, K. P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia no 20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional.

Indonesia, K. R. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Jamaris, M. (2013). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Ghalia Indonesia.

Karsana. (2003). Konsep Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan Islam. Institut Agma Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Mahmud, A. A. H. (1994). Silsilah al-Tarbiyah fi al-Qur’an, fi al-Qur’an fi Surah al-Maidah, jilid satu. Daar al-Tauzi wa Nasyri al-Islamy.

Majid, A. (2014). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Rosda karya.

Marimba, A. D. (1996). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Al-Ma’arif.

Muhaimin. (2001). Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Remaja Rosdakarya.

Muhtaruddin, H., & Muhsin, A. (2019). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Kitab al-Mawa’iz al-’Usfuriyyah. Jurnal Pendidikan Islam, 3.

Mujib, A., & Mudzakir, J. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Kencana Prenada Media.

Mutohir, T. C. (2002). Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan Olahraga Masyarakat. Depdiknas, Dirjen Olahraga.

Naim, N. (2012). Ngainun Naim, Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu Dan Pembentukan Karakter Bangsa. Arruz Media.

Nasional, D. P. dan K. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesa. Balai Pustaka.

Nata, A. (2011). Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Kencana.

Nizar, S. (2001). Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Gaya Media Pratama.

RI, K. A. (2017). Tikrar Qur’an Hafalan Tajwid & Terjemah. Sigma Examedia Arkanleema.

Rizal, S. (2021). Ilmu Pendidikan Islam. Merdeka Kreasi Group.

Rosdiani, D. (2012). Dinamika Olahraga dan Pengembangan Nilai. Alfabeta.

Salahuddin & Rusdin. (2020). Olahraga Menurut Pandangan Agama Islam. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4 (3).

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sari, P. (2016). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Ajaran Islam Di SDN 06-7 Pagaran Batu Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Padangsidimpuan. IAIN Padangsidimpuan.

Simanjuntak, A. B., & Sosrodiharjo, S. (2014). Metode Penelitian Sosial. Pustaka Obor.

Su’dan, R. H. (1978). Al-Qur’an dan Panduan Kesehatan Masyarakat. Diknas.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Suryabrata, S. (1995). Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Tafsir, A. (2014). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Remaja Rosdakarya.

Thamrin, M. H. (2018). Thamrin, Muhammad Husni. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kontekstual: Konsep, Teori, dan Implementasinya. PT RajaGrafindo Persada.

Ulwan, A. N. (n.d.). Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam. Asy-Syifa.

Umdirah, A. R. (n.d.). A Metode al-Qur’an dalam Pendidikan, Pent. Abdul Hadi Basilthanah. Mutiara Ilmu.

Yusuf, K. M. (2015). Tafsir Tarbawi “Pesan-pesan Al-Qur’an Tentang Pendidikan.” Amzah.

Published

2024-06-10

Issue

Section

Artikel