Hijriah: Loading...

Masehi: Loading...

Banda Aceh, Aceh, Indonesia 23111

SINERGITAS GURU DAN ORANGTUA MENGHADAPI DEKADENSI AKHLAK SISWA DI SMAN 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA

Authors

  • Ristawati Ristawati Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • muhammad Ar Waled Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22373/jm.v13i2.22558

Keywords:

Sinergitas, Guru, orangtua, pembinaan akhlak.

Abstract

Guru dan orangtua adalah pemegang peranan penting pembinaan akhlak siswa. Di samping itu, keberhasilan anak sangat tergantung pula pada orangtua dan guru dalam mendidik dan membinanya. Akan tetapi, banyak orangtua dalam masyarakat berpikir bahwa proses peningkatan pembinaan akhlak kepada anak semata-mata menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan sekolah, sehingga orangtua kurang perhatian dalam melakukan kerjasama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yaitu memaparkan dan menganalisa data yang ada. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya dengan jumlah sampel 70 orangtua siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan orangtua siswa di SMAN 1 Bandar Baru sudah melakukan kerjasama yang baik, hal tersebut dapat di lihat dari bentuk-bentuk kerjasama yang dilakukan dengan melakukan pertemuan-pertemuan dan mengadakan komunikasi yang baik. Adanya hambatan yang dihadapi dalam melakukan kerjasama, hal ini dikarenakan kesibukan orangtua dengan aktivitas sehari-hari, namun demikian adanya usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut dengan meluangkan waktu dari aktivitas sehari-hari yang mayoritas sebagai petani dan nelayan.    

Author Biography

  • muhammad Ar Waled, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
    -

References

Abdurrahmat Fathoni, Metode Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta. Rineka Cipta. 2006.

Afriantoni, Prinsip-prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda: Percikan Pemikiran Ulama Sufi Turki Bediuzzaman Said Nursi, Yogyakarta: Deepublish, 2019.

Almira Dewi, Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Menanamkan Akhlak Anak, JOURNAL OF EDUCATIONAL RESEARCH (JER), Vol. I, No. 1, 2022.

Basrowi dan Suwandi. Penelitian Kualitatif, Jakarta. Rineka Cipta, 1-2. 2008.

Dwi Rokayah, Kerjasama Guru Akidah Akhlak dengan Guru BK Dalam Upaya Pembinaan Akhlak Terpuji Siswa di Madrasah Aliyah Fatwa Alim Madiun, Skripsi, Ponorogo: IAIN Ponorogo. 2023.

Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1997.

Ibrahim Amini, Agar Tidak Salah Mendidik Anak, Jakarta: Al-Huda, 2006.

Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. Ke XXXIV, Bandung. Remaja Rosdakarya. 2015.

Muhammad Fadlillah, Desain Pembelajaran Paud: Tinjauan Teoritik dan Praktik, Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Nurul H. Maarif, Menjadi Mukmin Kualitas Unggul, Ciputat: Alifia Books, 2018.

Ratna Megawangi, Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Rendy Giantama dengan judul Kerja Sama Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Muhammadiyah Pakis Baru, Nawangan, Pacitan, Thesis, Ponorogo: IAIN Ponorogo. 2022.

Retno Widiyastuti, Kebaikan Akhlak dan Budi Pekerti, Semarang: Alpirin, 2019.

Published

2023-04-01

Issue

Section

Artikel