Hijriah: Loading...

Masehi: Loading...

Banda Aceh, Aceh, Indonesia 23111

PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA MELALUI SANKSI EDUKATIF DI MTsS MADRASAH ISLAM NURUL AZIZI KABUPATEN ASAHAN, SUMATERA UTARA

Authors

  • M. Yusuf Pangaribuan UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM BANDA ACEH
  • Marzuki Marzuki Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Sri Mawaddah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Ana Sofia STAI Tgk Chik Pante Kulu

DOI:

https://doi.org/10.22373/jm.v13i1.20123

Keywords:

Pembentukan Akhlak, Sanksi Edukatif

Abstract

ABSTRAK
Akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam agama Islam. Sama halnya ketika siswa berada di madrasah, akhlak menjadi perhatian serius dari keberhasilan orang tua dan guru dalam mendidik anak/siswanya. Berbagai upaya sudah dilakukan guna membentuk akhlak siswa, akan tetapi masih ada sebagian siswa di MTsS MINA Asahan yang memiliki akhlak kurang baik atau melanggar peraturan sekolah. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini, Apa saja bentuk sanksi edukatif yang mempengaruhi pembentukan akhlak siswa di MTsS MINA Kabupaten Asahan? Bagaimana hasil dari penerapan sanksi edukatif terhadap pembentukan akhlak siswa yang melanggar aturan di MTsS MINA Kabupaten Asahan?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan tiga tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa ada 4 bentuk sanksi edukatif di MTsS MINA Asahan, yaitu 1). Membuat surat perjanjian, 2). Menghafal surah yang ada di juz ‘Amma, 3). Membaca istighfar 100 X, 4). Guru memberikan nasihat. Hasil dari penerapan sanksi edukatif terhadap pembentukan akhlak sangat berdampak positif, bahkan dampaknya mencakup tiga hal, yaitu perubahan afektif, perubahan kognitif, perubahan psikomotorik. Sanksi edukatif ini dinilai sangat membantu dalam pembentukan akhlak dan memiliki dampak lebih luas. Walaupun setiap sanksi yang di implementasikan itu ada kelebihan dan kekurangannya.


Kata Kunci: Pembentukan Akhlak, Sanksi Edukatif.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu dkk. (2015). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta https://scholar.google.co.id/scholar?q=Abu+Ahmadi,+dkk.,+Ilmu+Pendidikan,+(Jakarta:+PT.+Rineka+Cipta,+2015&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart

Nata, Abuddin. (2012) Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada https://repository.uin-suska.ac.id/26100/1/Buku%20Metodologi%20Studi%20Islam.pdf

Hadhiri, Choiruddin. (2015). Akhlak dan Adab Islami. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/43211/1/KHULAIMAH%20MUSYFIQAH-FUF.Pdf

Zaidan, Abdul Karim. (1988). Ushul ad-Da’wah, Terjemahan (Beirut: Muassasah ar-Risalah. https%3A%2F%2Fjurnalstidnatsir.ac.id%2Findex.php%2Fdakwah%2Farticle%2Fdownload%2F138%2F255%2F665&usg=AOvVaw3kgUiOODeoQP--SpPVxzq1

Abu Ath-Thayyib Muhammad, Syamsul Haq Al-‘Azhim Abadi. (2010) Ainul Ma’bud Syarah Sunan Daud. Jakarta: PUSTAKA AZZAM

Purwanto, Ngalim. (2009). Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=811&keywords

Sidiq, Umar dan Moh. Miftahul Choiri. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE%20PENELITIAN%20KUALITATIF%20DI%20BIDANG%20PENDIDIKAN.pdf

Published

2023-03-01

Issue

Section

Artikel