Hijriah: Loading...

Masehi: Loading...

Banda Aceh, Aceh, Indonesia 23111

Pengajaran Bahasa Arab di Taman Kanak-Kanak (Tinjauan Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget)

Authors

  • Cecep Jaenudin Prodi Pendidikan Islam Konsentrasi Bahasa Arab Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Alamat: Jl. Timoho UH II/388 Kota Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.22373/l.v8i1.3475

Keywords:

Arabic Language Teaching, Kindergarten, Jean Piaget

Abstract

Today there are many schools – the school started foreign language lesson in good things, including the Arabic one. Even students in the pre-school category-began to introduced with languages-foreign languages. Parents or teachers may be glad when his son started to be proficient in the use of foreign languages. But whether the teaching of foreign languages at pre-school age children is in compliance with the development of his cognitive. The purpose of this study is to describe the process of activity teaching Arabic in kindergarten and explain how the view of the theory of the development of kognitf Jean Piaget against the teaching process. On the principle of cognitive developmental theory of Jean Piaget said that children at pre-school age already have a symbolic and intuitive function is active. Both of these functions that can help students in doing a second language acquisition. Material presented is adapted to the development of cognitive learners. Teaching methods undertaken by teachers is a method which can enhance the active role of the learners in the lesson. However, teachers should always do their teaching in the process of creation, this is to cultivate the interest of learners in learning Arabic.

Author Biography

  • Cecep Jaenudin, Prodi Pendidikan Islam Konsentrasi Bahasa Arab Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Alamat: Jl. Timoho UH II/388 Kota Yogyakarta

    Cecep Jaenudin dilahirkan di Majalengka Jawa Barat 2 Juli 1993. Saat ini sedang melanjutkan studi postgraduate di konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penulis menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Cibentar II Kec. Jatiwangi (1999-2005), MTsN Sukahaji (2005-2008), MAN Rajagaluh (2008-2011), Program Sarjana S1 UIN Sunan Kalijaga (2011-2014) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan., Program Pascasarjana Jurusan Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab di fakultas dan kampus yang sama (2016 – sekarang).

    Penulis mulai aktif dalam kegiatan kepenulisan sejak duduk di bangku Aliyah. Pernah mendapat penghargaan Juara I Deklamasi Puisi Tingkat Majalengka (2008) dan Juara II Puitisasi Kandungan Al-Quran Tingkat Wilayah III Jawa Barat (2008). Penulis juga mendapat penghargaan sebagai wisudawan terbaik MAN Rajagaluh setelah berhasil mempertahankan peringkat dua besar selama menempuh study di sana. Dari LPM Paradigma dianugerahi Juara II nominasi sastra terbaik kategori Cerpen (2013). Mendapat predikat Essay terbaik ke-II dalam ajang lomba penulisan essay “Mahasiswa dan Politik Praktis” yang diselenggarakan oleh LPM Arena UIN Sunan Kalijaga (2014).

    Selain prestasi di bidang akademik, penulis juga membekali diri dengan pengalaman berorganisasi sejak masih di jenjang pendidikan menengah pertama. Di antaranya, menjadi Ketua OSIS MTsN Sukahaji (2007), Pradana Putera Pramuka Penegak Ambalan Fatahillah-Cut Nyak Dien MAN Rajagaluh (2009). Ketua I Bidang Bela Negara OSIS MAN Rajagaluh (2009), Ketua I Bidang Keorganisasian dan Pengembangan Remaja Pecinta Masjid MAN Rajagaluh (2008). Sekretaris Umum HMI-MPO Komisariat Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga (2012-2013). Ketua I Bidang Pelatihan dan Pengembangan Intelektual HMI-MPO UIN Sunan Kalijaga (2013-2014). Staff Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Jaringan HMI Cabang Yogyakarta (2014 – 2015). Ketua II Bidang Dakwah dan Pengembangan Masjid Daarul Husna Yogyakrta (2013-2014). Ketua Perkumpulan Sufah Masjid Tunas Melati (2013-Sekarang). Dan anggota Lembaga Riset Akademik EXACT UIN Sunan Kalijaga (2013-2014).

    Saat ini penulis tinggal di Jalan Timoho UH II/388 Tegal Melati. Penulis dapat dihubungi di 089636965634, atau email cecepjogja@gmail.com.

References

Asyrofi, Syamsuddin. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. (Yogyakarta: Idea Press, 2010).

Azyumardi Azra. Esei-Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. (Jakarta: Logos, 1998).

Chaer, Abdul. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. (Jakarta: Rhineka Cipta, 2009)

Dewa, I Putu Wijana dan Muhammad Rohmadi, Sosiolinguistik: Kajian Teori dan Analisis. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011).

Faiz, Fahruddin. Hermeneutika Al-Qur’an: Tema-Tema Kontroversial (Yogyakarta: eLSAQ , 2011).

Guntur, Henry Tarigan. Metodologi Pengajaran Bahasa 2. (Bandung: Angkasa 1991).

Harahap, Farida. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piagetâ€, http://staffnew.uny

.ac.id/upload/198503112008121002/pendidikan/Teori+perkembangan+Kognitif+Piaget+1.pdf. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2014

Ibda, Fathimah. “PerkembanganKognitif: Teori Jean Piagetâ€, Intelektualita, Vol. III, No. 1, 2015

Karim, Abdul. Islam Nusantara: Pengaruh Nilai Keislaman dalam Sejarah Bangsa Indonesia. (Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2007)

Naisaban, Ladidius. Para Psikologis Terkemukaka Dunia: Riwayat Hidup, Pokok Pikiran dan Karyanya.(Jakarta: Grasindo, 2006)

Piaget, Jean. et.al, “Psikologi Anak†terj., (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)

Samsuri, Analisis Bahasa. (Jakarta: Erlangga, 1987)

Suyatno, “Sekolah Islam Terpadu: Filsafat, Ideologi dan Tren Baru Pendidikan Islam di Indonesiaâ€, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. II, No. 2, 2013.

Wen, Huachuan. “Chomsky’s Language Development Theories: Rescuing Parents Out of Dilemmaâ€. International Journal of Learning and Development. Vol.3, No.3, 2013.

Wikipedia. “Jean Piagetâ€. http://id.wikipedia.org/wiki/Jean_Piaget html, Diakses pada tanggal 11 Oktober 2017

Downloads

Published

2018-11-07