Hijriah: Loading...

Masehi: Loading...

Banda Aceh, Aceh, Indonesia 23111

PENERAPAN METODE OUTBOUND FUN GAME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Authors

  • Moh. Edi Komara Ilmu Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Jl. Marsda Adi Sucipto Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.22373/l.v8i1.3473

Keywords:

Metode Outbond Fun Game, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia masih belum sempurna. Artinya masih banyak problematika yang ditemukan seperti dari aspek pengajar, metode dan media. Dari aspek metode, guru cenderung mempertahankan metode klasiknya dibandingkan mencoba untuk mengeksplorasi berbagai macam metode yang telah banyak disarankan oleh peneliti dalam pembelajaran bahasa Arab. Kecenderungan tersebut merupakan salah satu faktor utama yang mendasari minat dan hasil belajar siswa, metode pembelajaran outbound fun game menawarkan solusi dengan konsep pembelajaran berbasis alam terbuka yang banyak mengandung unsur permainan menyenangkan dan dapat dirasakan langsung oleh siswa sehingga peningkatan minat, motivasi dan hasil belajar siswa dapat terlihat selama proses pembelajaran.

Author Biography

  • Moh. Edi Komara, Ilmu Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Jl. Marsda Adi Sucipto Yogyakarta

    Moh. Edi Komara lahir di Subang Jawa Barat, 28 November 1993. Tahun 2011, ia menamatkan pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Kasomalang Subang. Ia menempuh pendidikan di pondok pesantren Darussalam selama 6 tahun dari jenjang Madrasah Tsanawiyah sampai Madrasah ‘Aliyah. Tahun 2015 menyelesaikan Program S-1 di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga dan lulus dengan predikat cumlaude. Selama menempuh pendidikan di program S-1, ia aktif dalam beberapa organisasi kemahasiswaan seperti Koperasi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Koperasi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, Studi Pengembangan Bahasa Asing, Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi, Rumah Belajar Al-qur’an dan DKU Management Center. Selama 4 tahun, ia aktif memberikan pelatihan motivasi atau outbound pada masyarakat luas, dari tingkat usia dini hingga orang dewasa.

    Saat ini ia melanjutkan pendidikan di program pasca sarjana (S2) konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab Prodi Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga dan aktif mengajar di Sekolah Islam Al Azhar Yogyakarta sekaligus penanggungjawab Al Azhar Boarding School Yogyakarta. Selain mengajar di sekolah, ia juga aktif mengabdikan diri di taman pendidikan al-qur’an. 

References

Ahmad, Abu. 1998. Pengantar Metodik Didaktik, Bandung: C.V. Armico.

Ancok, Djamaludin. 2007. Outbound Management Training, Yogyakarta: UII Press.

Asyrofi, Syamsuddin. 2010. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta: Idea Press.

Furchan, Arief. 2011. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdun, Dudung. Handout Psikolinguistik, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Rosda.

Ibrahim el-Ushaili, Abdul Aziz bin. 2009. Psikolinguistik Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung: Humaniora.

Indonesia, Kementerian Agama. 2014,.Buku siswa bahasa Arab pendekatan saintifik kelas untuk kelas X Madrasah Aliyah, Jakarta.

Mike Hernacki, Bobbi Deporter dan. 2000. Quantum Learning, Bandung: Kaifa.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Sekarani, Shinta Nurdewi. 2012. Panduan Outbound IPA Terpadu untuk SMP kelas VII Semester I, Yogyakarta.

Tanujaya, Edward. 2009. Pengolahan data Statistik dengan SPSS 16.0, Jakarta: Salemba Infotek.

Downloads

Published

2018-11-07