PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR HAFALAN SURAT AL HUMAZAH DAN AT TAKATSUR MELALUI METODE TALAQQI PADA SISWA KELAS VIII/3 MTSN GAMPONG TEUNGOH ACEH UTARA

Main Article Content

abdul qawi

Abstract

Dalam proses belajar mengajar tidak terlepas dari strategi dan metode yang sesuai untuk kegiatan belajar mengajar sehingga tercapai tujuan pembelajaran, khusunya pada pembelajaran Qur’an Hadist, rendahnya perolehan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Qur’an Hadist disebabkan pembelajaran dalam kelas masih menoton dan peserta didik kurang aktif karena strategi dan metode yang masih konvensional. Hal lain yang terjadi di MTsN Gampong Teungoh adalah peserta didik belum terbiasa dalam belajar kelompok dan tanggungjawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pembelajaran ini terbagi ke dalam 2 siklus, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII/3 MTsN Gampong Teungoh yang berjumlah 24 orang. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi siswa dan tes. Data yang diperoleh tentang aktivitas siswa dianalisis dengan menggunakan deskriptif yaitu rumus persentase. Temuan penelitian ini sebagai berikut: Pertama, Praktek pembelajaran hafalan surat Al-Humazah dan At-Takatsur dengan menerapkan metode talaqqi, yaitu: Tindakan atau peran yang dilakukan oleh guru/peneliti dalam penelitian sebagai upaya perbaikan dan peningkatan mutu pembelajaran. Kedua, Keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan menerapkan metode talaqqi, yaitu: Rata-rata tingkat aktivitas siswa pada siklus I tindakan pertama adalah 2,00 dan sementara jumlah skor aktivitas siswa pada siklus I tindakan kedua adalah 33 dengan rata-rata 4,12. Sementara jumlah skor aktivitas siswa pada siklus II tindakan pertama 21 dengan rata-rata 2, 62 dan rata-rata tingkat aktivitas siswapada siklus II tindakan kedua adalah 3,75. Ketiga, Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran hafalan surat Al-Humazah dan At-Takatsur dengan menerapkan metode talaqqi, yaitu: (1) Rata-rata hasil belajar siswa siklus I tindakan pertama dalam surat Al-Humazah adalah 56,58 yang diperoleh oleh siswa. Sedangkan Siklus I pada tindakan kedua nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa adalah 75,83. Siklus II tindakan pertama surat At-Takatsur terdapat mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata hasil belajar 51,66. Sedangkan pada siklus II tindakan kedua nilai KKM dan nilai rata-rata hasil belajar siswa 78, 95.

Article Details

Section

Artikel

References

Ahsin W. Al-hafizh, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qurân, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Deperteman Pendidikan Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Cet. I, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003.

Hasan bin Ahmad bin Hasan Hamam, Menghafal Al-Qurân Itu Mudah, Jakarta: Pustaka At-Tazkia, 2008.

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

http://ahmadiftahsidik.blogspot.com/2009/03/sejarah-pengajaran-al-quran.html dikutip 19-12-15/ 08.21 WIB.

http://ahmadiftahsidik.blogspot.com/2009/03/sejarah-pengajaran-al-quran.html diakses 6 Juli 2015.

Imam Bukhari, Shahih Bukhari, (Pustaka As-Sunnah: Jakarta Timur), Jld. IV.

Imam Suprayogo, Metodologi Penelitian Sosial-Agama, Cet. II, Bandung: Remaja Rosda-karya, 2003.

Iskandar, Penelitian Tindakan Kelas, Cet.1, Ciputat: Gaung Persada Press, 2009.

Masnur Muslich, Melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis bagi Guru Profesional, Cet. I, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Mohammad Nasir, Metode Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Cet. XVI, Bandung: Alfabeta, 2013.

Suharjono, Penelitian Tindakan Kelasdan Tindakan Sekolah, Malang: Cakrawala Indonesia dan IP3UM, 2009.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasional, Cet. VI, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Sumadi Suryabrata. Metodologi Penelitian , Jakarta : Raja Grafindo Nursada, 1995.

Wina Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas, Cet. IV, Jakarta: Kencana Media Group, 2009.