Hijriah: Loading...

Masehi: Loading...

Banda Aceh, Aceh, Indonesia 23111

PENGEMBANGAN METODE SAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA

Authors

  • Silvia Sandi Wisuda Lubis UIN Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3324

Keywords:

Pengembangan, Metode SAS, Membaca Permulaan

Abstract

Membaca permulaan merupakan tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal. Siswa belajar untuk memperoleh kemampuan dan menguasai teknik-teknik membaca dan menangkap isi bacaan dengan baik. Kegiatan membaca permulaan dimulai dari taman kanak-kanak atau sekolah dasar tingkat awal. Pelajaran membaca dan menulis di kelas-kelas awal disebut pelajaran membaca dan menulis permulaan. Pentingnya membaca permulaan di kelas I adalah agar siswa dapat membaca kata-kata dan kalimat sederhana dengan lancar dan tepat. Metode SAS merupakan metode yang tepat dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Dalam proses operasionalnya, metode SAS mempunyai langkah-langkah dengan urutan sebagai berikut : (a) strukutur, menampilkan keseluruhan, (b) analisis, melakukan proses penguraian, (c) sintesis, melakukan penggabungan kembali pada struktur semula. Adapun langkah-langkah pengembangan metode SAS dalam keterampilan membaca permulaan yaitu : (1) Membagi kalimat menjadi beberapa kata; (2) Membagi kata menjadi beberapa suku kata: (3) Membagi suku kata menjadi bunyi huruf; (4) Menggabungkan bunyi-bunyi huruf menjadi suku kata; (5) Menggabungkan bunyi suku kata menjadi kata.

References

Achmad, Tarmidzi. 2008. Penerapan Pembelajaran Cooperative Make a Match. Jakarta : Bumi aksara

Dahniar. Peningkatan Keterampilan Membaca Lanjutan Dengan Metode Sas Siswa Kelas II SDN 2 Ogowele. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 8 ISSN 2354-614X . Diakses pada 19 Juni 2018 @ http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/ index.php/JKTO/article/viewFile/3389/2424

Endah, Wiwik kus. 2014. Perbandingan pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan metode sas dan metode kata lembaga berdasarkan perbedaan gaya belajar pada peserta didik taman kanak-kanak. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SELOKA 3. Diakses pada 23 Juni 2018 @journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ seloka/.../4778

Juve, Akang. Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran. Diakses pada 19 Juni 2018 @ http://www.webjuprani.com/ 2012 /11/ pengertian-metode-sas.html

Poerwadarminta, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Rusdiyanto, R. 2014. Upaya meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui metode struktural analitik sintetik (SAS) pada bidang studi bahasa indonesia siswa kelas 1 SD negeri 02 kunduran kecamatan kunduran kabupaten blora tahun pelajaran 2010/2011 Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sebelas maret surakarta. Diakses pada 19 Juni 2018 @ http://eprints.ums.ac.id/30144/13/ NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Setyanai, Wilugeng dkk. 2012. Methode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Peningkatam Membaca Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal FKIP Universitas Sebelas Maret. Diakses pada 23 Juni 2018

Downloads

Published

2018-08-09

Issue

Section

Artikel