Hijriah: Loading...

Masehi: Loading...

Banda Aceh, Aceh, Indonesia 23111

Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad Dengan Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Daerah Trapesium Di Kelas V Min Merduati Banda Aceh

Authors

  • Nida Jarmita FTK UIN Ar-Raniry
  • Puguh Sutiono FTK UIN Ar-raniry
  • Kamarullah Kamarullah FTK UIN Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.22373/pjp.v4i1.156

Keywords:

model kooperatif tipe STAD, alat peraga, hasil belajar

Abstract

Minimnya penggunaan alat peraga serta kurang inovatifnya guru dalam membuat alat bantu dan menggunakan model dalam pembelajaran matematika, menyebabkan perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran menjadi berkurang. Selain itu, aktivitas dan kerjasama antar siswa dalam proses pembelajaran juga masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan penggunaan alat peraga dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan di atas. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa, meningkatkan hasil belajar, dan meningkatkan respon siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar, dan angket. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif (persentase). Dari hasil penelitian ini, dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat semakin efektif, ketuntasan belajar meningkat dari 60% menjadi 90%, dan respon siswa menyatakan sangat menyenangkan atau positif.

References

Al Qur’an. Bandung: Diponegoro.

Arsyad, A. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

BSNP (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Isjoni (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani (2011). 58 Model Pemebelajaran Inovatif, Medan: Media Persada.

Jarmita, N (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa pada pokok Bahasan Bangun Ruang. Jurnal. Banda Aceh: Instructinal Development Center (IDC) Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry.

Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Sadiman, A. S., dkk. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slavin, R. E. (2008). Cooperatif Learning Teori, Riset Dan Praktik, Bandung: Nusa Media

Downloads

Published

2013-12-31

Issue

Section

Articles