Hijriah: Loading...

Masehi: Loading...

Banda Aceh, Aceh, Indonesia 23111

Belajar Dalam Perspektif Psikologi Dan Agama

Authors

  • Nidawat Nidawati

DOI:

https://doi.org/10.22373/pjp.v4i1.153

Keywords:

Belajar, Psikologi, Agama

Abstract

Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat tergantung pada proses belajar yang alami oleh peserta didik, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah atau keluarganya sendiri. Oleh karena itu, pemahaman yang benar dan tepat mengenai pengertian dan konsep belajar baik dalam perspektif psikologi maupun dalam perspektif agama, yakni agama Islam dengan segala aspek, bentuk dan manifestasinya mutlak diperlukan oleh para pendidik, khususnya guru dan dosen. Seorang pendidik atau calon pendidik dituntut untuk memahami berbagai konsep yang berkaitan dengan segala proses belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi belajar dan penanggulangannya. Kekeliruan atau ketidaklengkapan persepsi mereka terhadap proses belajar dan hal-hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran tersebut akan mengakibatkan kurang bermutunya hasil pembelajaran yang dicapai peserta didik.

References

Ahmad Mudzakkir, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004).

An-Nahlawi, Abdurrahman, Ushulut Tarbiyatil Ilmiyah wa Asalibuha, Ter. Hery Noer Aly (Bandung: CV. Diponegoro, 1989).

B. uno Hamzah, Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008).

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002).

Hintzman, Dauglas L, The Psychology of Learning and Memory, (San Fransisco: W.H. Freeman & Company, 1978).

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008).

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004).

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004).

Sudarwan Darnim dan Khairil, Psikologi Pendidikan; dalam Perspektif Baru, (Bandung: CV. Alfabeta, 2011).

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Berbasis Integrated dan Kompetensi, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008).

Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan; Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006).

Wittig, Arno, Psychology of Learning; Schaum’s Out-Line Series, (New York: Mc. Grow Hill Book Company, 1981).

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009).

Downloads

Published

2013-12-31

Issue

Section

Articles