Hijriah: Loading...

Masehi: Loading...

Banda Aceh, Aceh, Indonesia 23111

Implementasi Budaya Sekolah Islami dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh

Authors

  • Maida Raudhatinur UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/jie.v2i1.2968

Keywords:

Implementasi, Budaya Sekolah Islami, Pembinaan Akhlak Siswa

Abstract

Budaya sekolah islami merupakan salah satu strategi dalam pembinaan akhlak siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat penerapan budaya sekolah islami di SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh, yang mencakup bentuk-bentuk dan langkah-langkah pelaksanaannya, peran dewan guru, pemahaman dan pendapat siswa, serta faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan budaya sekolah islami dalam pembinaan akhlak siswa. Tujuannya adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk dan langkah-langkah penerapannya, peran dewan guru, pemahaman dan pendapat siswa, serta faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan budaya sekolah islami dalam pembinaan akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, dewan guru dan siswa SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik pengolahan data dilakukan dengan mereduksi data, display data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian ditemukan ada 10 bentuk budaya sekolah islami di SMP Negeri 19 Percontohan dalam pembinaan akhlak siswa yang pada pelaksanaannya melibatkan peran dewan guru sebagai pengajar, pendidik dan partisipan. Secara keseluruhan siswa mendukung pelaksanaan budaya sekolah islami dan paham dengan pelaksanaannya. Selain itu juga terdapat 6 faktor yang mendukung pelaksanaan budaya sekolah islami, dan juga tidak terlepas dari 2 kendala yang dihadapi, yaitu pengaruh perkembangan teknologi dan karakter siswa yang berbeda-beda. Solusi yang ditempuh untuk menghadapi kendala tersebut yaitu dewan guru tidak memperbolehkan siswa menggunakan smartphone di sekolah dan melakukan pendekatan individual dengan siswa, jika ada yang bermasalah. Dengan adanya penelitian ini diharapkan agar dapat menjadi contoh bagi sekolah lainnya.

References

Abdullah, M. Yatimin. Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Amzah, 2007.

Amin, Ahmad. Etika (Ilmu Akhlak), Ter. Farid Ma’ruf. Jakarta: Bulan Bintang, 1991.

AR, Muhammad. Pendidikan di Alaf Baru: Rekonstruksi Atas Moralitas Pendidikan. Jogjakarta: PRISMASOPHIE Press, 2003.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke-3. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996.

Ismail, Saminan. Budaya Sekolah Islami. Bandung: Rizqi Press, 2013.

Komariah, Aan dan Tim Dosen Adpen UPI. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2008.

Muhaimin. Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikukulum hingga Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1996.

------------------- Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1997.

Ritonga, Rahman. Akhlak: Merakit Hubungan dengan Sesama Manusia. Surabaya: Amelia Surabaya, 2005.

Saifullah. Konsep Pendidikan Dalam Perspektif Zakiah Daradjat. Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2012.

Tholkhah, Imam. Menciptakan Budaya Beragama di Sekolah. Jakarta: Al Ghazali Center, 2008.

Tiswarni. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Bina Pratama, 2007.

Downloads

Published

2019-01-24